Blog tutorial linux dan windows, Website SEO, Jaringan LAN, Pemrograman Dasar.

Meremaster Ubuntu Menggunakan Remastersys

Meremaster Ubuntu Menggunakan Remastersys

Diposting Oleh sopian Senin, 07 November 2011 2 komentar
Saya sering meremaster Ubuntu punya saya dan selanjutnya hasil remaster tersebut saya berikan ke temen-temen yang ingin menginstall linux untuk pertaman kalainya. Ada keuntungan jika kita memeberikan hasil remaster ubuntu kita ke seseorang yang baru mengenal Linux atau ubuntu pada khusunya, karna Ubuntu hasil remaster tentunya tidak sama dengan ISO ubuntu yang baru kita download pada umumnya. Codec Video, audio atau dengan kata lain semua software Ubuntu yang terinstall pada Ubuntu yang diremaster tentu akan ikut juga pada hasil remaster. Sehingga seolah kita membuat distro baru versi kita sendiri.

Teknik melakukan remaster ubuntu bisa dengan banyak cara, tapi kita akan coba cara yang paling gampang yaitu dengan menggunakan Software Remastersys.
Ok berikut adalah langkah-langkah melakukan remaster Ubuntu.
  1. Siapkan software Remastersys yang bisa anda download dari remastersys
  2. Siapkan CD atau USB Flash untuk media instalasi.
  3. Kopi hangat.
Silahkan download package-nya kemudian lakukan instalasi, jika anda belum tahu cara instalasi anda bisa download artikel pdf-nya yang disertai dengan gambar, di akhir artikel.

Perlu diperhatikan ketika anda melakuan instalasi software usahakan anda sedang menggunakan jaringan internet. Dan jika terjadi error silahkan ketik apt-get install -f dan biarkan prosesnya selesai.
Setelah selesai melakukan instalasi, Remastersys akan terdapat pada menu System + Administration +Remastersys backup.
Untuk menghasilkan ISO file dari Ubuntu yang anda remaster silahkan pilih pilihan no 2, kalau anda memilih pilihan no 1. File2 yang di directory Home juga akan ikut terbackup. Iso hasil remster akan di simpan di Folder home/Remastersys. Dan ubuntu remaster versi anda siao untu diedarkan.

Silahkan download tutorial lengkap remastersys, disertai gamabar. Download Di sini


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Meremaster Ubuntu Menggunakan Remastersys
Ditulis/Disusun Oleh : sopian
Tulisan Meremaster Ubuntu Menggunakan Remastersys pada Blog Tutorial Komputer ini memang di bawah DCMA Protected. Tapi Bebas kok di COPAS dan di posting Ulang asalkan link sumbernya tetap disertakan.

2 komentar:

Teguh Haryanto mengatakan...

iya nih semacam norton ghost yah, terus misalnya mau merestorenya bagaimana gan? apa kalo jadi distro baru nanti pada saat instalasi sama seperti iso dari ubuntu installer (seting partisi dsb) atau langsung di kloning aja?

sopian mengatakan...

Mungkin agak beda ma Norton ghost, tapi saya kurang tahu juga gan, ane hanya pake windows seumur jagung dulu, dan denger norton ghost cuman dari temen doang.
Intinya file hasil remastersys akan menjadi file iso, dan tidak bisa digunakan untuk restore system, ada tools lain yang digunakan untuk backup restore.
Memang ada juga pilihan untuk backup bersama user file, akan tetapi nanti iso yang dihasilkan bisa gede gan.
Dan kalau hasil remaster tersebut mau kita install langkahnya sama dengan ubuntu installer biasa,,,,cuman beda tampilan doand dikit ketika proses copy file waktu installing system.

Posting Komentar