Blog tutorial linux dan windows, Website SEO, Jaringan LAN, Pemrograman Dasar.

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan VLC Yang Anda Tidak Ketahui

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan VLC Yang Anda Tidak Ketahui

Diposting Oleh sopian Minggu, 22 Mei 2011 0 komentar
VLC Merupakan media player yang harus terpasang di Mesin Linux Maupun mesin Windows saya, dan saya yakin sebagian besar dari temen-temen juga menggunakan Media player yang satu ini. VLC bisa memutar sebagian besar Format Video, dan kita tidak direpotkan untuk mencari Codec tambahan seperti Media player lain pada umumnya. Tapi tahukah anda, ada banyak hal yang bisa dilakukan VLC selain bisa memutar Video berbagai jenis Format yang anda tidak ketahui.

Berikut ini adalah beberapa kemampuan VLC yang kurang anda ketahui.



Rip DVDs



VLC memiliki fitur untuk melakukan Rip DVDs, mungkin anda jarang menggunakannya bahkan tidak tahu karna ada begitu banyak software yang bisa digunakan untuk melakukan RIP DVDs.

Dengan memanfaat vitur ini, tentu anda tidak perlu lagi harus install software baru untuk melakukan RIP DVDs, karna dengan VLC kita bisa menghasilkan RIP DVD dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Berikut ini adalah langkahnya.



  • Buka menu media, kemudian pilih Convert/Save. Pilih Tab Disc






Pilih starting pottition dan rip only specific titles or chapters.

Hasilnya harus Format *.MPG
 Terakhir pilih menu Save.


Mendownload Video Dari Youtube dan Situs Penyedia Video Gratis Lainnya

Jika anda ingin mendownload video dari youtube dan situs-situs penyedia video gratis lainnya anda bisa menggunakan VLC sebagai alternatif.
Copy URL video yang ingin anda download dan paste URL tersebut pada menu Media + Open Network stream , kemudian klik Play.
Setelah anda klik menu play, selanjutnya buka menu Tools + Codec information dan di bagian bawah terdapat Location box, Copy URL yang terdapat pada Location box tersebut dan paste pada web Browser, maka browser anda secara otomatis akan mendownload video tersebut. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu merekam video tersebut dengan menu record yang ada pada VLC.

Convert Audio dan Video Format
Dengan menggunakan VLC anda juga bisa mengconvert beberapa format video dan audio seperti MP4, WMV, AVI, OGG, MP3 dll.
Untuk melakukan convert audio dan video format berikut langkah-langkahnya

  • Go to Media + Convert/Save
  • Klik tombol add untuk memilih video atau audio yang akan di rubah formatnya kemudian Klik tombol Convert.
  • Langkah terakhir adalah memilih format apa yang anda inginkan untuk hasil convert video atau audio yang anda convert tersebut.


Play rar Files

Mungkin sebagian besar anda tidak tahu kalau VLC bisa memutar video yang masih terdapat didalam archive rar. Anda juga bisa Play File rar yang di split kedalam beberapa file rar, dan tidak ada masalah jika anda tidak menggabungkannya karna VLC secara otomatis akan menggabungkannya untuk anda.

Ok semoga artike ini bisa bermanfaat, ada beberapa Fitur VLC yang belum sempat saya bahas pada artikel ini, tunggu update-nya.
Fitur-fitur tersebut adalah..
Mendengarkan online radio dari VLC
Record Video menggunakan VLC
Plya with ASCII mode


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan VLC Yang Anda Tidak Ketahui
Ditulis/Disusun Oleh : sopian
Tulisan Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan VLC Yang Anda Tidak Ketahui pada Blog Tutorial Komputer ini memang di bawah DCMA Protected. Tapi Bebas kok di COPAS dan di posting Ulang asalkan link sumbernya tetap disertakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar