Setting Koneksi Modem GSM di Ubuntu

Pada kesempatan sebelumnya saya pernah menulis tentang "sakis3g" percepat koneksi internet modem di Ubuntu  prinsip kerja dari sakis3G ini adalah dengan memaksa modem untuk untuk memakai signal 3G, walaupun terdapat signal EDGE yang jauh lebih kuat dibandingan dengan signal 3G/HSDPA/WCDMA.

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menconfigurasi modem GSM agar bisa mendapatkan signal 3G, tanpa software tambahan.

Modem memang secara default akan menggunakan signal yang paling kuat ketika terkoneksi dengan jaringan GSM. Akan tetapi Kita bisa melakukan configurasi agar Modem GSm yang kita gunakan bisa terkoneksi dengan jaringan 3G/HSDPA/WCDMA walaupun terdapat signal 2G jauh lebih kuat.
BTS milik operator GSM biasanya sudah dilengkapi dengan perangkat untuk memancarkan signal 3G/HSDPA/WCDMA walaupun tidak dipreoritaskan, mungkin anda bisa perhatikan pada BTS yang ada di sekita anda, pemancar signal 3g terletak jauh dibawah signal 2G, ini yang menyebabkan terkadang signal 3g Jauh lebih lemah.

  1. Klik tombol network yang terdapat pada panel, kemudian pilih edit connections, makan akan muncul window seperti gambar dibawah berikut. Berikut adalah langkah menconfigurasi mobile broadband pada Ubuntu.


    Pilih tab Mobile Broadband, dan akan terlihat operator yang anda gunakan. Pada gambar di atas saya menggunakan telkomsel.


  2. Klik tombol edit, kemudian pilih tab mobile broadband, ganti type pada menu advance dengan prefer 3G. Perhatikan gambar dibawah.


    Dengan memilih prefer 3G, modem akan secara otomatis mencari signal 3G terlebih dahulu, jika tidak ditemukan batu modem akan mencari signal 2g. Jika anda memilih pilihan pertama yakni 3G, maka modem hanya bisa terkoneksi dengan jaringan GSM jika terdapat signal 3G.  


Demikian semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggal pertanyaan pada box komentar.

1 comments: