Membuat Jaringan ad-hoc Di Windows 7

Jaringan ad-hoc merupakan perluasan dari aplikasi WLAN , akan tetapi komputer pada jaringan ad-hoc di hubungkan secara peer to peer atau point to point tanpa menggunakan perangkat access point. Pada jaringan ad-hoc satu PC terhubung dengan satu PC lainnya dengan saling terhubung berdasarkan nama SSID (Service Set IDentifier). SSID sendiri tidak lain merupakan nama sebuah komputer yang memiliki card, USB atau perangkat wireless. Jika terdapat 2 atau lebih PC yang ingin dihubungkan dengan jaringan ad-hoc maka salah sastu PC harus membuat SSID, dan PC lain terkoneksi dengan SSID yang di buat tersebut.

Saya sering memanfaatkan jaringan ad-hoc untuk sharing internet, sharing file dan bermain game-game multiplyayer serti warcraft, Counter strike dll.
Berikut adalah langkah-langkah melakukan configurasi untuk membuat jaringan ad-hoc

Step 1.
  1. Buka control panel, pada menu search ketikkan ad-hoc untuk langkah lebih cepat membuka configurasi jaringan ad-hoc. Akan mencul jendela konfiguras seperti gambar di bawah berikut.


  2. Klik next untuk melanjutkan, kemudian isikan nama network name, pilih security type yang anda gunakan, ada WPA, WEP, atau OPEN, pada tutorial ini kita akan menggunakan pilihan OPEN (tanpa security). Perhatikan gambar di bawah berikut.
    Berikut adalah langkah-langkah menconfiguras jaringan ad-hoc di Windows 7


  3. Klik next untuk melanjutkan, jika tidak ada masalah selama konfigurasi, maka akan muncul tapmpilan window seperti gambar di bawah berikut.


    Silahkan periksa di wireless network connection pada panel win7 anda, jika SSID yang anda buat sudah muncul maka, jaringan ad-hoc sudah siap menerima koneksi dari pc lain. Perhatikan gambar id bawah berikut.



    Satus koneksi masih waiting for user, dan akan terkoneksi jika user lain sudah masuk kejaringan ad-hoc yang kita buat.


lakukan konfiruasi IP ADDRESS pada wireless chard setiap pc yang terkoneksi. Bagi anda yang belum terlelu faham cara configurasi IP, silahkan buka link berikut.


Pada windows 7 firewall sudah secara otomatis aktif, sehingga agar bisa mengirim/menerima data, Firewall perlu dimatikan terlebih dulu.
Buka control panel + system and security +  Windows Firewall + cuztomize setting ,kemudian matikan firewall untuk home network. Perhatikan gambar di bawah berikut.


Klik Ok untuk menyimpan configurasi, DONE

Sekian semoga tutorial membuat jaringan ad-hoc di win7 bisa membantu

shalawat and salam to Muhammad s.a.w

3 comments:

  1. Saya sering pakai koneksi ini untuk main game bareng :D

    BalasHapus
  2. terimakasih atas tutorialnya, ijin kopas mas

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat bermanfaat, senang membacanya. terimakasih

    BalasHapus