Blog tutorial linux dan windows, Website SEO, Jaringan LAN, Pemrograman Dasar.

Cara Melacak Penjiplak Konten Blog Menggunakan FeedBurner

Cara Melacak Penjiplak Konten Blog Menggunakan FeedBurner

Diposting Oleh sopian Selasa, 31 Januari 2012 3 komentar
Para pendekar copy paste memang akhir-akhir ini semakin banyak bermunculan seiring dengan perkembangan dunia blog dan website kususnya diindonesia. Pada kesempatan sebelumnya, saya juga pernah bercerita tentang beberapa website yang menjiplak postingan di blog saya emensite.blogspot.com dengan trik berlangganan artikel lalu copy paste artikel yang saya buat di website mereka.

Google memang sudah membuat peraturan yang memungkinkan para penjiplak konten blog mati perlahan dengan trik  menempatkan website atau blog mereka pada page 2 keatas pada hasil pencarian google. Terdapat juga google panda yang akan mendelete blog penjiplak konten sewaktu-waktu jika ditemukan.

Pada kesempatan ini saya akan coba membahas bagaimana melacak para pendekar copy paste menggunakan Feedburner. Bagi yang belum mendaftar Feedburner silahkan daftar terlebih dahulu, tutorial cara mendaftar silahkan baca di sini.
Feedburner memiliki layanan untuk menganalisis semua data feed pada blog kita, salah satunya adalah layanan Uncommon Uses (penggunaan tidak wajar) terletak pada menu Analyze. Saya memang tidak tahu pasti maksud dari report Uncommon Uses, akan tetapi menurut analisa pribadi saya, website yang terdapat pada list uncommon uses mungkin menggunakan sebuah tools agar setiap kita membuat posting baru, maka secara otomatis posting pada website copy paste tersebut juga akan ikut terupdate, tapi sebagian mungkin masih menggunakan cara manual, yakni copy, edit and paste.
            Perhatikan Gambar dibawah,


Perhatikan beberapa contoh website pada gambar diatas, seperti

http://www.hi-techmall.org
http://had.my
http://itcommunity.web.id
http://gerbangdunia.com


Warning!!! Semuanya adalah para penjiplak Pofesional. 


Kolom views pada gambar tabel diatas memberikan keterangan berapa kali postingan yang kita buat ditampilkan oleh pengunjung pada website copy paste mereka, dan tombol klik memberikan keterangan berapa kali kali pengunjung mengklik link ke blog kita (ini analisa pribadi saya).  Jadi jika views lebih besar dari klik kemungkinan besar (99%) website copy paste tersebut tidak menyertakan link blog kita, alias pembajak/penjiplak konten. Dan setelah saya crosscek ke website bersangkutan, memang begitulah hasilnya,,,Website tersebut adalah para pendekar Copy paste.

Ok sekian dulu, pada kesempatan berikutnya saya akan membahas beberapa jurus ampuh melawan para pendekar Copy paste....


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Cara Melacak Penjiplak Konten Blog Menggunakan FeedBurner
Ditulis/Disusun Oleh : sopian
Tulisan Cara Melacak Penjiplak Konten Blog Menggunakan FeedBurner pada Blog Tutorial Komputer ini memang di bawah DCMA Protected. Tapi Bebas kok di COPAS dan di posting Ulang asalkan link sumbernya tetap disertakan.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

terus caranya gimana mas buat membasmi user seperti ini, kadang saya kesal, ternyata cara mereka copas melalui layanan RSS. bingunggg. tolong di share ya mas

Unknown mengatakan...

sebenarnya tidak ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memblok/membasmi para pendekar COPAS, saya ada tips dikit, agar mereka lumayan jengkel yakni dengan menaruh link terkait di posting kita sebanyak2-nya, jadi kalopun artikel kita ter copy paste masih ada segudang linkke blog kita,,,dan hal tersebut bisa memperbaiki ranking blog kita,,,
saya tau pasti orang yang hanya bermodal copy paste paling jengkel kalo gnerubah link2 terkait dalam post yang kita buat,,,ini berdasarkan pengalaman, ada banyak sekali posting saya yang di jiplak, tapi link2 dalam post tersebut masih belum sempat di rubah oleh mereka...

Heru Prasetyo mengatakan...

saya sudah dapat solusinya mas, coba pada tab publicize, sobat pilih email subscibe, disitu akan ada nama pelanggan email yang berlangganan artikel kita. Ini yang kemudian kenapa mereka mudah menduplikat konten dgn memanfaatkan google reader. solusinya tinggal buang (x) yang berlangganan, Cek nama emailnya di google search, bila terbukti nama emailnya cocok dengan nama blognya. tinggal unfollow saja(Ada tanda x pada email suscribe)

Posting Komentar