Blog tutorial linux dan windows, Website SEO, Jaringan LAN, Pemrograman Dasar.

Sharing Koneksi Internet di Ubuntu

Sharing Koneksi Internet di Ubuntu

Diposting Oleh sopian Rabu, 04 Juli 2012 1 komentar
Assalamualaikum sobat....
Sudah lama sekali saya tak sempat posting artikel di blog yang satu ini, sebagai penanda bahwa admin blog emensite ini masih aktif, berikut saya ingin posting tutorial terbaru tentang bagaimana melakukan sharing internet koneksi di ubuntu.
Pada tutorial ini terdapat kasus dimana saya menggunakan modem smartFren yang terpasang di ubuntu(Saya menggunakan ubuntu 12.10) yang saya gunakan, kemudian terdapat 1 client Windows yang akan saya bagikan koneksi internet.

Langkah pertama membuat jaringan ad-hoc di ubuntu.
Untuk membuat membuat jaringan ad-hoc di Ubuntu sangatlah gampang, klik tombol network manager pada panel (saya menggunakan dekstop unity ubuntu 12.10), kemduaian pilih create new wireless network, makan akan muncul window seperti pada gambar di bawah berikut.


Pada kolom network name, isikan nama jaringan ad-hoc yang ingin anda buat(nama bebas terserah anda). Pada wireless security anda bisa pilih WEP, WPA, none, pilihlah sesuai dengan denagan kebutuhan anda, jika anda butuh kode pengamanan pilihlah WEP atau WPA, sehingga setiap client yang mencoba terkoneksi kejaringan anda, maka client tersebut harus mengisikan kode keamanan yang sudah anda buat. Pilih None jika anda tidak merasa perlu menambahkan mode pengamanan. Langkah terakhir clik tombol create.
Jaringan ad-hoc anda sekarang sudah terkoneksi langsung dengan ubuntu yang anda gunakan, dan biarkan settingan default, tidak perlu anda rubah-rubah.

Langkah kedua.
Ini adalah langkah terakhir, silahkan koneksikan modem anda jika belum terkoneksi ke Ubuntu yang anda gunakan, Jika anda menggunakan modem smart, saya pernah menulis artikel tentang cara koneksikan modem smart di Ubuntu di sini. Setelah Ubuntu anda terkoneksi dengan internet, silahkan koneksikan juga client (Di sini client yang terkoneksi menggunakan OS Windows) atau host yang ingin anda bagikan koneksi internet. Pada client pastikan wirelessnya sudah terkonfiguras DHCP. Jika belum fahama bagaimana menconfigurasi wireless menjadi DHCP silahkan baca-baca dulu di sini.

Jika tidak ada masalah, maka client sudah bisa terkoneksi internet dengan lancar, tentunya bandwith modem anda akan terbagi dengan client yang terkoneksi.

Catatan.
Di sini saya menggunakan Ubuntu 12.10, saya belum pernah coba pada ubuntu versi lainnya.
Sekian,,,stop copy paste, mari kita bersama-sama ciptakan konten original pada blog kita masing-masing.








Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Sharing Koneksi Internet di Ubuntu
Ditulis/Disusun Oleh : sopian
Tulisan Sharing Koneksi Internet di Ubuntu pada Blog Tutorial Komputer ini memang di bawah DCMA Protected. Tapi Bebas kok di COPAS dan di posting Ulang asalkan link sumbernya tetap disertakan.

1 komentar:

Dede Ariyanto mengatakan...

Jika berkenan mampirlah ke blog aku juga yah.... klik disini jangan lupa komentarnya :) Trims.

Posting Komentar